Thursday, March 26, 2009

Teh dan Kecantikan

Bagi penggemar teh boleh bergembira sebab disamping baik bagi kesehatan ternyata teh mempunyai manfaat yang sangat baik juga untuk kecantikan. Para ahli telah menyelidiki manfaat kesehatan teh, kandungan kafein alami dalam teh dapat melindungi kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mencegah berkembangnya menjadi kanker. Kanker kulit adalah kanker yang cukup sering dijumpai, walaupun membutuhkan waktu lama untuk berkembang. Penyebab yang dianggap cukup penting adalah sinar matahari.
Para ilmuwan mempelajari efek teh hitam dan hijau terhadap kanker kulit yang terinduksi zat kimia serta sinar ultraviolet b (UVB). Kafein pada teh jadi bahan aktif penghambat pertumbuhan kanker. Secara spesifik kafein meningkatkan kematian sel-sel kulit, yang merupakan mekanisme alami bagi sel-sel itu sebelum berkembang menjadi kanker yang membahayakan.

Namun, aplikasi kafein secara topikal pada kulit yang terpapar UVB juga terbukti ampuh dalam meningkatkan sel-sel kulit yang mati. Yang akan menjadi subjek penelitian selanjutnya adalah apakah efek kafein ini akan sama efektifnya pada manusia.
Dalam studi lainnya, ditemukan suatu enzim artifisial (buatan) yang dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel-sel kulit yang disebabkan oleh matahari. Orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker kulit diseleksi untuk dapat diketahui apakah ada kerusakan DNA, jika ada, dapat diperbaiki dengan menggunakan molekul ini.
Penelitian tersebut masih dalam tahap awal dan butuh waktu yang cukup lama sebelum benar-benar dapat diterapkan untuk terapi pada manusia.


No comments: