Saturday, December 27, 2008

Cara Membuat Masker Alami

Membuat masker alami tidak terlalu rumit, hanya tinggal memilih jenis buah dengan kandungan yang cocok untuk jenis wajah kita, lalu haluskan. Bila hasilnya terlalu kental, tambahkan yoghurt. Kalo terlalu encer, tambahkan lempung. Oleskan dengan lembut pada wajah dan leher, jangan sampai kena mata.
Banyak banget buah yang bisa kita gunakan untuk membuat masker, beberapa di antaranya yang mudah ditemui di supermarket atau bahkan pasar tradisional adalah avokado, strawbery, almond, lemon, dan anggur.

Avokad
Avokad banyak mengandung asam amino dan vitamin jadi cocok digunakan sebagai masker untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah.
Cara membuat masker avokad:
Untuk kulit wajah kering,
haluskan daging buah avokad yang matang dengan garpu, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar dengan menggunakan kapas.

Untuk kulit normal,
tambahkan putih telur yang dikocok sebentar. Bagi kulit lembab perlu ditambahkan pula madu (organik bila ada), kemudian aduk rata dengan daging avokad yang telah halus. Campurkan semua bahan (putih telur + avokad + madu)


Strawbery
Buah berwarna merah cerah ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidkroksi yang membantu mengencangkan kulit), silica, serta vitamin B, C, E, dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, masker strawbery baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu.
Cara membuat masker strawbery:
Haluskankan beberapa buah strawbery yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya, kemudian usapkan dua sendok makan strawbery halus tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu dapat dibilas dengan air hangat. Untuk mendapat efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial frankincense.

No comments: